Laman

Senin, 07 Mei 2012

Dasar Pembelaan Dalam Olahraga Pencak Silat


                                                      Oleh : Nopriansyah

Pembelaan merupakan prinsip utama dalam olahraga pencak silat sehingga perlu diberikan untuk melandasi dasar dalam pembelajaran. Dasar-dasar  dari pembelaan adalah hindaran/elakan dan tangkisan yang harus ditanam terlebih dahulu untuk memperkuat teknik-teknik pembelaan yang akan disertai dengan serangan-serangan. Pembelaan terdiri dari beberapa macam  yaitu :
1.      Pembelaan dasar meliputi : hindaran, elakan dan tangkisan.
a.       Hindaran adalah usaha pembelaan dengan cara memindahkan sasaran dari arah serangan dengan melangkah atau memindahkan kaki. Unsur-unsur hindaran meliputi : sikap pasang, sikap tubuh, dan sikap tangan. Dalam hindaran teknik dasar yang paling cocok untuk diterapkan adalah teknik delapan penjuru mata angin.
b.      Elakan adalah usaha pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki yang tidak berpindah tempat atau kembali ketampat semula. Macam elakan antara lain adalah elakan bawah, elakan atas, elakan samping dan elakan belakang. Adapun contoh dari elakan, misalnya elakan bawah : ketika diserang pada bagian atas maka usaha yang dilakukan adalah merendahkan diri dengan sikap tungkai ditekuk tanpa memindahkan letak telapak kaki dan disertai dengan sikap tubuh dan sikap tangan yang waspada akan serangan.
c.       Tangkisan adalah usaha pembelaan yang dilakukan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan yang dilancarkan lawan. Tangkisan bertujuan langsung untuk :
·         Mengalihkan serangan dari lintasan
·         Membendung atau menahan serangan lawan jika terpaksa.
2.      Pembelaan lanjutan, meliputi : tangkapan dan bantingan.
a.       Tangkapan adalah suatu usaha pembelaan dengan cara menangkap lengan atau tungkai lawan untuk melakukan serangan jatuhan (ungkitan, kaitan, dorongan, tarikan, dan sapuan atas). Tangkapan bisa dilakukan dengan satu lengan dan dua lengan, adapun macam tangkapan :
·         Tangkapan dengan tangan
·         Tangkapan dengan lengan
·         Tangkapan dengan ketiak
b.      Jatuhan adalah usaha menjatuhkan lawan sebagai tindakan lanjutan dari tangkapan. Jatuhan dibagi dua macam, yaitu :
·         Jatuhan langsung adalah jatuhan yang menghilangkan tumpuan badan lawan dengan cara : sapuan rebah, sapuan berdiri, sirkel bawah, dan guntingan.
·         Jatuhan tak langsung adalah jatuhan dari proses tangkapan yang dilanjutkan dengan ungkitan, kaitan, dorongan, tarikan, dan sapuan atas.

Tidak ada komentar: