Laman

Sabtu, 24 Maret 2012

Pencak Silat Kembali Jaya

                                                                                                      Oleh : Nopriansyah

Satu lagi Pencak Silat mengharumkan nama Indonesia dimata dunia, kali ini olahraga asli Indonesia ini diperkenalkan melalui film yang baru direlease pada tahun 2012 “ The Raid “. Film the raid ini diperankan langsung oleh salah satu atlet pencak silat Indonesia yaitu Iko Uwais sebagai aktor utama dan dibantu oleh orang-orang yang mendukung mengharumkan nama pencak silat kemata luar. Film ini juga memperkenalkan aksi-aksi laga asli gerakan pencak silat yang dikalaborasikan dengan senjata tradisional golok dan senjata-senjata modern seperti senapan api. 

Kita tentu masih ingat film “ Merantau “ salah satu film yang menunjukkan gerakan-gerakan pencak silat atau filmnya barry prima, aktok film Indonesia pada era 90-an yang berbau pencak silat tetapi sudah ditelan waktu, dengan munculnya film ini maka Indonesia patut bangga akan budaya yang asli dari nenek moyang Indonesia diperkenalkan diluar, dan patut bangga juga mempunyai film yang awalnya hanya dikenal oleh masyarakat sebagai olahraga menjadi sebuah film yang sangat bagus. Jika Thailand punya film Ong Bak dari olahraga Muay Thai, Cina dari olahraga kungfu, Korea dari Tae Kwon do, jepang dari Karate dan Sumo, maka Indonesia punya film dari olahraga pencak silat.

Salah satu aktor the raid juga mengatakan,  “ Dengan munculnya film ini dan ditayangkan kenegara luar, maka Indonesia patut bangga diperkenalkannya budaya asli milik Indonesia supaya lebih dikenal dimata dunia yaitu pencak silat “.

Semoga dengan munculnya film ini olahraga pencak silat makin ditekuni dan digemari terutama dilestarikan oleh seluruh masyarakat terutama masyarakat Indonesia. Pencak silat yang dulunya bila sampai ketelinga masyarakat dan masyarakat hanya menggelengkan kepala, kini bila mendengar pencak silat masyarakat diseluruh Indonesia mengatakan “ Ya “.
Terima kasih kepada perindustrian perfilman yang telah mengangkat nama pencak silat menjadi salah satu perubahan industri olahraga Indonesia dan semoga setelah “ The Raid “ masih banyak lagi film-film aksi laga yang mengangkat nama pencak silat agar lebih dikenal dimata Indonesia dan dunia.

Tidak ada komentar: